POSTINGAN POPULER

Friday, April 18, 2008

Law Of Leadership


Menurut Ries, It’s better to be first than it’s to be better. Adalah lebih utama menjadi yang pertama (perintis) ketimbang menjadi yang lebih bagus. Karena persepsi yang akan di dapat oleh pasar dari produk perintis (the first one) adalah :

• Original
• Authentic
• Expert
• The Best


Dengan menjadi yang pertama maka produk kita akan menjadi Market Leader (pemimpin pasar). Konsekuensi logis dari market leader tentunya adalah produk kita akan mampu :

• Attract best people

Kita akan mendapatkan best quality consumers. Istilah jaman sekarang pelanggan KW 1 (bukan hanya barang khan yang bisa kw 1 :)). Kalau mengikuti LoA, maka berlaku hukum orang dengan selera tinggi tentunya akan mencari barang yang mempunyai image terbaik.

• Attract best distribution
Distribusi di sini maksudnya adalah, selain sistemnya yang bagus juga distributor yang berkualitas. Sebagai contoh, mana ada mall yang mempunyai reputasi international menjual barang kw2 atau kw3. Pasti yang dicarinya selalu kw1.

• Attract new coverage
Barang bagus pasti dicari orang. Meski jauh tempatnya mereka akan rela menempuh jarak tersebut.

Sementara bila kita hanya menjadi follower (atau istilahnya produk me too), maka kita akan dipaksa oleh pasar untuk menekan harga. Lha kalau niat kita berbisnis untuk make much money, bagaimana mungkin bila harga kita harus dipres.


Contoh nyata di dunia global adalah di dunia IT. Dell adalah perusahaan IT pertama yang melihat peluang penjualan PC langsung ke konsumen (kantor dan individual), dan ternyata dalam 10 tahun perjalanan bisnisnya, mereka berhasil membukukan revenu sebesar $ 258 Billion, dengan net profit 16,1 B. Sedangkan pengikutnya, Gateway hanya mampu meraup revenu $ 58 B, dan minus net pfrofit $ -865 M. Contoh lain, Microsoft me-launch systemnya pada bulan Agustus 1981 dan dia sekarang menguasai 93% market share. Sementara Macintosh yang me launch produknya di bulan Januari 1984 hanya mendapatkan 4% MS. Sangat jauh berbeda bukan? Dan masih banyak contoh lainnya.

Dalam kenyataannya Market Leader akan selalu memantapkan dan menambah kepemimpinannya akan pasar, sementara follower hanya akan semakin jauh tertinggal. Cobalah kita cermati sekitar kita, sangatlah sulit menemukan merk kedua bisa melibas produk unggulannya. (Ex Coca cola vs pepsi ?, Mc Donalds vs King Burger?, etc.)

Meskipun sudah banyak contoh kasus seperti yang telah disebutkan di atas, tapi anehnya kenapa banyak perusahaan di dunia yang berlomba-lomba menjadi yang terbaik, sementara mereka bisa menjadi yang pertama!

Jadi menurut hukum kepemimpinan ini, Ries ingin mengatakan bahwa :
1. Untuk mencari uang banyak maka kita harus menjadi yang pertama bukan (hanya) yang terbaik. Lepas dari itu kita akan dipaksa untuk menekan harga kita.
2. Kecepatan dan momentum yang tepat adalah kunci utama dari kesuksesan kita
3. Menjadi yang pertama akan memberikan kita peluang yang lebih besar untuk menjadi pemimpin pasar.
4. Namun, ternyata kesuksesan kita tidak hanya tergantung pada being the first namun.......
next "Law of Mind"

No comments:

Artikel Unggulan

SLEIGHT OF MOUTH

Jumat berkah, meski tertanggal 13, namun saya doakan Anda semua berada dalam kondisi yang bergairah, penuh semangat dan dianugerahi rejeki ...