POSTINGAN POPULER

Thursday, May 11, 2017

Ekologis

Dalam sebuah seminar parenting ada pertanyaan dari seorang ibu muda terkait pemaparan saya mengenai salah satu syarat cita-cita (outcome) yaitu ekologis.
Syarat ekologis akan membuat sebuah goal lebih mind friendly. Lebih mudah dipahami oleh pikiran kita dan lebih mudah bagi tubuh untuk menggapainya karena sadar bahwa tubuh fisik dan mental tetap akan aman dalam mengejarnya.
Ibarat hama sawah yaitu tikus dan ular, yang paling ditakuti petani pastilah ular. Namun petani tidak akan serta merta membasmi semua ular di sawah karena ketika semua ular musnah maka tikus akan merajalela. Itulah sistem keseimbangan lingkungan atau ekologi.
***

"Pak Hari saya pernah mengikuti training motivasi dan motivatornya mengatakan jangan pernah menurunkan target kita, namun tambahlah power kita agar sebuah cita cita bisa dicapai. Kok berbeda dengan pemaparan Anda yang perlu memikirkan aspek ekologis ini. Mana yang benar Pak?"

Untuk menjawab pertanyaan tersebut saya minta ibu tadi maju ke stage, bersama dengan seorang laki laki kecil dan seorang laki laki tegap. Kemudian saya minta mereka secara bergantian untuk mengangkat sofa besar yang ada di stage. Bapak tegap dengan mudah mengangkat sofa tersebut, mas kecil agak kepayahan mengangkat sofa tadi. Hanya sebentar terangkat langsung dijatuhkan dengan berdebam. 

Keringat dingin mengucur dari ibu muda tadi. Dia berusaha mengangkat sofa tersebut namun hanya terangkat sebagian. 
"Bagaimana Ibu, bisa mengangkat sofa ini?", tanya saya. 
"Emmm berat Pak.", jawabnya sambil tersenyum kecut. 
"Seandainya saya berikan motivasi sampai subuh untuk meningkatkan power Ibu, kira kira sofa ini bakal terangkat nggak?", tanya saya lagi. 
"Mmm sepertinya sih gak bisa Pak",  jawabnya sambil geleng geleng kepala. 
"Kalau saya beri waktu sebulan untuk latihan angkat berat, apakah bulan depan Ibu bakal kuat mengangkat sofa ini?" 
"Mungkin bisa Pak"
"Bagus. Namun coba perhatikan tubuh Ibu yang kecil ini, kalaupun sofa ini terangkat, kira-kira apakah tubuh Ibu akan tetap sehat dan selamat?"

"Mmmmm, bisa jadi terkilir atau patah tulang karena bebannya terlalu berat"
"Nah, kalau Mas kecil, kalau diberi waktu sama dengan ibu ini apakah akan mampu mengangkat sofa ini lebih lama?", saya beralih bertanya ke laki laki dengan tubuh kecil.
"In syaa Allah bisa Pak", jawabnya mantab
"Dan tetap selamat?",  kejar saya lagi
"Yup, saya yakin.",  jawabnya lagi
"Nah,  ini yang saya sebut ekologis Bu. Target berhasil dicapai dan kondisi kita tetap aman dan afiat", saya mencoba mengambil kesimpulan dari pertanyaan ibu tadi.

"Kalau begitu motivator itu salah dong Pak?", ternyata ibu tadi belum puas dengan jawaban saya
"Wah, saya tidak berani mengatakan apakah dia salah atau benar. Sekarang kalau lain kali kita ketemu lagi apakah Ibu akan bersedia mengangkat sofa ini lagi. Atau memilih kursi yang lebih kecil ini?", tanya saya sambil menunjuk kursi kecil pendamping kiri kanan sofa besar itu.
"Ya saya memilih yang kecil saja Pak"
"Kenapa?"
"Mmm karena lebih eko.... e ko logis Pak"
, jawabnya terbata dan tersipu
"Nah.... "

Gitu aja

Silakan tebar bila manfaat

Tabik

- haridewa -
Professional Hypnotherapist
Happiness Life Coach
FB: Hari Dewanto
WA: 08179039372

No comments:

Artikel Unggulan

Tanah Rot

Sepasang suami istri sedang menikmati bulan madu mereka di Pulau Dewata, Bali. Hari ini mereka berniat mengunjungi Tanah Lot untuk menyaksi...